WORKSHOP PENGENALAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2022

diposkan oleh Admin SDN 2 Sopet, Tanggal 04 Juli 2022

Menyambut Kurikulum Merdeka, SD sekecamatan jangkar  menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Acara yang diselenggarakan di ruang pertemuan SD Negeri 2 Sopet (04/07/2022) pukul 07.30-16.00 WIB dan diikuti oleh kepala sekolah, guru dan operator ini, menghadirkan Fasilitator Guru Penggerak sekaligus Kabid SD/SMP : Bpk Supiono,S,Pd MPd.

Kegiatan diawali dengan  membaca shalawat nariyah  dan dilanjutkan dengan doa lalu dilanjutkan  pembukaan kepala Korwil dinas pendidikan dan kebudayaan kecamatan Jangkar ( H. Mohammad Jail, S.Pd)
Dia memberikan wejangan kepada peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti workshop ini. “Semoga Allah memberikan kemudahan dan kesehatan sehingga kita bisa bersungguh-sungguh dan bersemangat sehingga kegiatan ini mendapatkan keberkahan,” ujarnya. 

Dia melanjutkan, “Kegiatan ini merupakan salah bentuk kita memberikan pelayanan kepada anak-anak dan wali murid kita. Berperan aktiflah dalam workshop ini, bertanyalah sebanyak-banyaknya karena hari ini kira sedang rekreasi menambah ilmu.”

Filosofi Kurikulum Merdeka

“Kurikulum merdeka itu bisa di ibaratkan ladang, benih dan petani, di mana yang berperan sebagai petani adalah guru dan yang berperan sebagai benih adalah peserta didik,” ujarnya.

Harapannya, lanjut dia, apabila petani menanam benih jagung maka juga akan memanen jagung. “Seperti halnya di sini guru juga dapat membekali siswa meskipun dengan berbagai bentuk karakteristik yang berbeda,” tuturnya. 

Di awal kegiatan dimulai dengan pengenalan kurikulum merdeka, pembahasan struktur kurikulum, penjelasan tentang capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP). 

Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan capaian pembelajaran secara individu dan penyusunan tujuan pembelajaran (TP) secara kelompok per penanggung jawab mata pelajaran dalam satu fase.